Laen ladang laen belalang, Laen kampung, laen juga adat warganye

Monday, September 12, 2005

KOLEKSI KOIN KUNO

Dulu ane sempet punya koleksi koin mata uang dari berbagai negara. Ada koin-koin kuno sampai mata uang yang masih berlaku. Rata-rata ane dapatkan waktu masih kerja di hotel dulu. Kebanyakan mata uang tersebut berasal dari negara-negara Eropa Timur dan Asia. Ada juga mata uang lokal, tapi jumlahnya sedikit. Nah kalo mata uang kuno Indonesia ini ada cerita unik saat mendapatkannya.

satu centBiasa kalo di rumah ane, Nyak & Babeh seneng banget dengan kerok-mengerok tubuh. Kalo mereka masuk angin sedikit, langsung deh minta dikerik badannya sampe belang-belang kayak zebra Ragunan. Padahal walaupun badannya udah pada merah gosong, belon tentu sakit perutnya ilang. Yang kasihan justru yang bantu ngerokin, tangannya sampe kaku tapi yang sakit belum sembuh juga. 2,5 cent

Nah suatu hari, ane dengan amat sangat terpaksa sekali mendapat perintah buat ngerokin punggung sang babeh tercinta yang lagi cikaan (masuk angin tuh). Dengan amat berat hati ane ambil tuh mesin kerokan manual berupa koin logam yang udeh item dekil banget dan juga tempat minyak gosok. Dengan pelan-pelan ane ambil tuh koin kerokan sambil nyengir jijay mode. Ketika sampai di tangan ane perhatikan sebentar itu koin dengan seksama dan waw.............Gulden VOC !!! .

25Bener tuh, walaupun koinnya udah rada dekil, tapi reliefnya masih jelas terbaca. Di koin itu bergambar mahkota dengan tulisan NETHERLANDSCH INDIE 2 ½ CENT yang mengelilinginya (lihat gambar paling atas). Langsung saja barang langka itu saya simpan dan buat kerokan saya ganti pake koin seratusan rupiah. Sejak saat itu saya jadi seneng mencari benda-benda kuno. Beberapa koin kuno berhasil saya kumpulkan yang secara gratis saya dapatkan dari berbagai tempat. Ternyata di rumah nenekpun ada koin-koin kuno yang juga dipakai buat kerokan.

limapuluh senTapi sekarang banyak koin-koin koleksi ane yang hilang dan berceceran karena dah lama nggak diurusin. Akibatnya keponakan-keponakan usil seenaknya main ambil dan lempar sembarang tempat. Beberapa koin juga akhirnya kembali ke fungsi semula sebagai alat kerokan babeh dan nyak. Paling tinggal beberapa saja yang ane masukin ke dalam kaleng bekas permen fox dan diletakkan di atas lemari yang agak tinggi. Dan sengaja ane nggak sentuh-sentuh lagi biar kesannya lebih kuno lagi. Yang penting nggak jatuh ke tangan dukun atau orang-2 dengan otak mistik, biar nggak dibikin jimat.

3 Comments:

Blogger Lili said...

Mangdin tau gak, kalau koleksi koin namanya adalah NUMISMATIK.
Lucu yah kayak lagi tumis2an sayur namanya.
Tapi beneran loh, cari deh di kamus, atau log on saja ke blognya Iman-Jakarta di list Ummi, terus search postingan beliau yg ada judul NUMISMATIKNYA...koleksi kayak ginih bisa jadi investasi loh.

5:49 AM  
Blogger RC said...

Wah, saya juga punya hobi numismatik. Kebetulan saya juga punya koin seperti di gambar nomer tiga itu. Wehe. segalahobi.blogspot.com

9:03 AM  
Blogger sune said...

Saya juga punya hobi koleksi dan numismatik. Silahkan berkunjung ke my-coin-collection.blogspot.com . Salam.

2:40 AM  

Post a Comment

<< Home

k a m p u n g p i n g g i r a n
Copyright control : DinRabin-2005 # contact person : abyadh2003@yahoo.com #