Laen ladang laen belalang, Laen kampung, laen juga adat warganye

Wednesday, July 13, 2005

BELAJAR DARI KEHIDUPAN

Saya masih ingat sekali sebuah nasihat dari ibu saya di masa lampau ketika saya kecil dulu. Beliau berkata kepada saya "Sebagai anak bontot (bungsu), lu bisa jadi anak yang paling "bejat" di keluarga ini atau bisa jadi lu anak yang paling hidupnya paling baik dan beruntung. Maksudnya, kalo lu minta dimanja terus sama nyak babeh, segala kemauan lu kudu diturutin, nantinye klo udeh gede lu gak bisa apa-apa alias hidup lu sengsara dan nyusahin orang lain. Tapi lu bisa hidup bener dan beruntung jika lu mau belajar segala sesuatu dari kakak-kakak lu."
Sepintas sih saya masih kurang faham dengan nasehat beliau tsb. Tapi ketika nyokap nunjukkan kehidupan beberapa orang sebagai contoh, saya sedikit bisa memahaminya. Intinya adalah bagaimana kita bisa belajar dari orang lain dalam kehidupan kita sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan kita. Sampai saat ini, perkataan ibu saya itu masih tetap terngiang dan terekam baik dalam fikiran saya. Dan Insya Allah saya ingin menjadi orang yang baik dan benar dalam mengarungi kehidupan.
Dalam materi pengajian kemarin, ustazd saya juga membahas jauh tentang bagaimana kita bisa belajar dari kehidupan dan pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain yang kita ketahui. Banyak sekali orang jatuh tergelincir dalam kehidupannya hanya karena ia tak mau belajar dari pengalaman dan terus mengulangi kesalahan yang sama. Sebenarnya bahasan kemarin adalah tentang Pilkada di kota Depok yang Alhamdulillah dimenangi oleh orang-orang yang shalih, jujur dan hanif. Namun di balik kemenangan tersebut, ternyata ada kerja keras yang melibatkan banyak orang yang senantiasa belajar dari pengalaman. Pengalaman kekalahan masa lalu, pengalaman betapa menderitanya kita karena dibodohi penguasa-penguasa zalim dsb. Tapi saat ini kita bukanlah orang-orang bodoh dan tak lagi sudi dibodohi.
Semoga Allah senatiasa membukakan pintu hati dan memudahkan jalan untuk orang-orang yang berserah diri.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

k a m p u n g p i n g g i r a n
Copyright control : DinRabin-2005 # contact person : abyadh2003@yahoo.com #